Teori Permintaan
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :
1. Harga barang
Biasanya, semakin murah barang akan semakin banyak permintaan.
2. Tingkat pendapatan
Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.
3.Selera atau kebiasaan
Tinggi rendahnya suatu permintaan ditentukan oleh selera atau kebiasaan dari pola hidup suatu masyarakat.
4.Jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk, maka semakin besar permintaan terhadap barang tersebut.
5.Usaha produsen meningkatkan penjualan.
Promosi yang di lakukan Produsen akan berpengaruh besar bagi minat masyarakat akan barang yang di tawarkan.
Kurva Permintaan
Kurva Permintaan adalah :
“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.”
Teori Penawaran
Yaitu teori yang menerangkan sifat penjual dalam menawarkan barang yang akan dijual.
Faktor-faktor yang dapat menggeser kurva penawaran
- Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas.
- Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas
- Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar
Kurva Penawaran
Kurva penawaran adalah :
“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan"
Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :
1. Harga barang
Biasanya, semakin murah barang akan semakin banyak permintaan.
2. Tingkat pendapatan
Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.
3.Selera atau kebiasaan
Tinggi rendahnya suatu permintaan ditentukan oleh selera atau kebiasaan dari pola hidup suatu masyarakat.
4.Jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk, maka semakin besar permintaan terhadap barang tersebut.
5.Usaha produsen meningkatkan penjualan.
Promosi yang di lakukan Produsen akan berpengaruh besar bagi minat masyarakat akan barang yang di tawarkan.
Kurva Permintaan
Kurva Permintaan adalah :
“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.”
Teori Penawaran
Yaitu teori yang menerangkan sifat penjual dalam menawarkan barang yang akan dijual.
Faktor-faktor yang dapat menggeser kurva penawaran
- Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas.
- Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas
- Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar
Kurva Penawaran
Kurva penawaran adalah :
“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan"